Makna Simbolis Ragam Hias Batik Bojonegoro Motif Pari Sumilak

Makna Simbolis Ragam Hias Batik Bojonegoro Motif Pari Sumilak - Bojonegoro terkenal dengan kerajinan ukir kayu selain kerajinan batik yang berciri kedaerahan. Bojonegoro terletak di provinsi Jawa Timur berbatasan dengan lima kabupaten di seklilingnya salah satunya kabupaten Blora Jawa Tengah yang juga sebagai daerah penghasil batik dan dikenal dengan batik Blora.

Makna Simbolis Ragam Hias Batik Bojonegoro Motif Pari Sumilak

Corak motif batik Blora dengan Bojonegoro hampir memiliki kesamaan dalam membuat motif yang terinspirasi dari tumbuhan subur di daerah tersebut yaitu motif batik daun jati. Motif batik daun jati diproduksi dari dua kabupaten yang beda provinsi.

Keadaan alam, sosial budaya dan nilai historis yang di Kabupaten Bojonegoro memberikan kesan terhadap para desainer perancang batik setempat dalam membuat motif batik. Hal itu dapat kita jumpai pada sembilan lebih motif batik yang terinspirasi dari budaya daerah Bojonegoro.

Salah satu motif batik khas Bojonegoro yaitu motif Pari Sumilak. Kata Pari berasal dari bahasa jawa yang artinya Padi, sedangkan kata Sumilak berarti padi yang sudah menguning dan siap untuk di panen.

Keadaan alam pegunungan yang subur di bumi Angling Darmo tergambarkan pada motif batik pari sumilak dengan background kain warna coklat sebagai simbol kesuburan tanah dan hijau lambang kesuburan. Tanah yang berwarna coklat sangat tepat untuk ditanami padi serta dibudidayakan secara maksimal sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Bojonegoro.

Demikian ulasan seputar seni batik  Makna Simbolis Ragam Hias Batik Bojonegoro Motif Pari Sumilak. Dapatkan ulasan seputar karya seni batik lainya yang berasal dari Bojonegoro dan karya seni budaya tradisional dan modern nusantara dan mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel