Seni Ragam Hias Batik Bogor Motif Hujan Gerimis

Seni Ragam Hias Batik Bogor Motif Hujan Gerimis - Batik merupakan jenis kesenian yang sangat akrab bagi masyarakat khususnya masyarakat Indonesia. Kesenian batik dibuat dengan berbagai di daerah - daerah nusantara tidak saja mengutamakan keindahan corak tetapi juga tidak sedikit mengandung makna simbol, lambang dan filosofis tertentu.

Seni Ragam Hias Batik Bogor Motif Hujan Gerimis

Keunikan dan keindahan batik hampir tidak terhitung jumlahnya yang ditimbulkan baik dari segi warna, motif dan sebagainya. Batik merupakan warisan budaya tak benda yang telah di akui UNESCO dan jika ditinjau secara keseluruhan adalah sebuah keanekaragaman corak yang dihasilkan dari berbagai wilayah penghasil batik.

Keanekaragaman corak pada batik berupa motif - motif yang dibuat hampir dipenjuru daerah di Indonesia yang terinspirasi dari kondisi alam, benda alam, nilai historis dari suatu daerah tertentu dan masih banyak lagi hal - hal unik yang diangkat menjadi sebuah motif batik.

Sebagai contoh nilai historis yang menginspirasi pembuatan seni batik seperti batik daerah Banten yang motifnya berasal dari ornamen atau hiasan yang terdapat pada benda - benda peninggalan zaman Kesultanan Banten selain sebagai wujud dari pelestarian budaya daerah Banten dan masih banyak lagi hal - hal serupa yang menginspirasi dalam pembuatan motif batik daerah. Baca :

Motif Batik Bogor Hujan Gerimis


Adapun batik yang dihasilkan dari daerah Bogor  yang dibuat oleh seorang perancang batik Siswaya Syamhudi asal Sleman Yogyakarta akan kepedulianya terhadap kota Bogor yang di juluki sebagai kota hujan.

Karya beliau terinspirasi dari budaya dan ikon khas kota Bogor yang digambar pada kain sehingga menjadi batik khas daerah Bogor sebagai upaya untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat Bogor terhadap daerah setempat dan kesenian batik serta pengenalan batik kepada pecinta batik lokal maupun mancanegara. Salah satu motif batik Bogor yang terkenal adalah motif batik hujan gerimis.

Motif hujan gerimis adalah karya seni batik yang berasal dari Bogor. Motif ini terinspirasi alam Bogor dengan julukan sebagai kota hujan yang airnya membawa berkah dan sebagai sumber kehidupan.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel