Seni Ragam Hias Motif Batik Cirebon Semarangan

Seni Ragam Hias Motif Batik Cirebon Semarangan - Batik Cirebon yang berasal dari Cirebon dan paling terkenal adalah batik motif Megamendung dan menjadi ikon batik daerah Cirebon. Motif Megamendung melambangkan pembawa hujan, kesuburan dan pemberi kehidupan.

Seni Ragam Hias Motif Batik Cirebon Semarangan

Sentra batik Cirebon merupakan salah merupakan sentra tertua yang memberikan pengaruh terhadap sentra batik di Jawa barat. Seperti yang telah diulas motif batik megamendung yang terkenal sebagai batik khas Cirebon tidak terlepas dari sejarah budaya China yang tinggal di Cirebon yaitu Sunan Gunung Jati yang menikah dengan wanita Tionghoa bernama Ong Tie.

Jenis Ragam hias batik Cirebon selain megamendung yang terdapat jenis motif batik seperti :

- Motif Paksinaga Liman
- Motif Patran Keris
- Motif Singa Payung
- Motif Singa Barong, dan sebagainya.

Perkembangan batik Cirebon tidak saja di lingkungan kraton tetapi juga masyarakat diluar kraton yang terbuka terhadap budaya asing sehingga ornamen batik yang dihasilkan beranekaragam corak batik.

Secara visual pewarnaan batik Cirebon semarangan didesain gradasi warna. Sedangkan Proses pewarnaan dikerjakan  lebih dari tiga kali sehingga menghasilkan warna yang berkualitas.

Ornamen batik Semarangan Cirebon merupakan salah satu dari pengelompokan dari lima jenis ornamen batik Cirebon selain ornamen wadasanwadasan, Geometris, Pangkaan dan Byur.

Ornamen batik semarangan cirebon berupa penataan ornamen yang sama atau motif ulang yang ditata agak renggang.

Demikian ulasan seputar Seni Ragam Hias Motif Batik Cirebon Semarangan. Dapatkan ulasan seputar seni dan budaya yang berasal dari daerah Cirebon dengan mengakses Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel