Motif Kantil Rinonce Ragam Hias Batik Gumelem

Motif Kantil Rinonce Ragam Hias Batik Gumelem - Berbagai motif yang berasal dari daerah Gumelem Banjarnegara Jawa Tengah merupakan sebagai ungkapan keragaman budaya daerah Gumelem salah satu daerah nusantara yang memproduksi batik bercorak kedaerahan yang bersumber dari keadaan benda alam di lingkungan sekitar.

Motif Kantil Rinonce Ragam Hias Batik Gumelem

Tanaman yang tumbuh di lingkungan sekitar banyak mengilhami para penggiat batik di daerah tersebut seperti Motif batik gedong kosong, motif Pare anom dan sebagainya. Motif - motif batik tersebut didesain unik berupa motif tumbuhan dengan meletakan komponen - komponen ornamen  sehingga menjadi motif batik yang indah.

Selain motif - motif yang telah disebutkan di daerah Gumelem terdapat motif yang terkenal yaitu motif Kantil Rinonce. Kata Kantil berarti bunga atau kembang dan Rinonce berarti rangkaian. Jadi, kantil Rinonce pada motif batik daerah Gumelen berarti Rangkaian bunga atau kembang.

Seperti yang terdapat di daerah Jawa pada umumnya, masyarakat Gumelem pada waktu tertentu melakukan ritual adat yang merupakan warisan budaya leluhur masyarakat Gumelem serta sebagai wujud pelestarian budaya setempat. Ritual yang mereka lakukan dengan membawakan sesaji di bukit Girilangan. Upacara ritual adat dengan batik Kantil Rinonce terdapat keterkaitan yaitu kembang kantil yang menjadi pelengkap dalam ritual adat.

Motif Kantil Rinonce

Motif kantil rinonce yang terdapat pada batik Gumelem terdapat keterkaitan dengan ritual adat setempat, bunga kantil di gambarkan menyerupai jaring - jaring garis dan membentuk belah ketupat. Motif kinantil rinonce sekilas terlihat seperti motif kawung seperti yang terdapat pada motif klasik keraton Mataram. Garis - garis yang menyerupai jaring - jaring berbentuk melengkung yang disesuaikan dengan kesan bunga pada motif yang cenderung lembut.

Di setiap ujung belah ketupat terdapat ornamen bunga yang dilengkapi dengan daun di setiap masing ruas bunga, bentuk inilah yang menyerupai motif kawung. Desain warna motif kantil rinonce menggunakan warna hitam, krem kekuningan dan isen - isen. Warna hitam digunakan untuk warna ornamen, kontur berwarna krem kekuningan dan cecek isen - isen motif batik yang berwarna merah gelap juga sebagai warna background kain.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel