Ciri Corak Seni Kerajinan Batik Khas Daerah Kebumen Jawa Tengah

Ciri Corak Seni Kerajinan Batik Khas Daerah Kebumen Jawa Tengah - Kebumen adalah daerah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Daerah Kebumen merupakan salah satu daerah Jawa Tengah yang terkenal dengan berbagai jenis kesenian tradisional dan masih berkembang dan dilestarikan hingga sekarang walau terdapat beberapa jenis kesenian tradisional yang punah.

Ciri Corak Seni Kerajinan Batik Khas Daerah Kebumen Jawa Tengah

Jenis kesenian Kebumen selain kesenian tradisional Calung juga terdapat seni kerajinan batik. Batik yang berasal dari Kebumen dikenal dengan batik Kebumen yang memiliki ciri tersendiri sebagai batik pesisir karena letak daerah Kebumen yang berdekatan dengan pantai selatan pulau Jawa.

Keindahan dan keunikan batik Kebumen tidak terlepas dari bentuk benda alam, budaya, maupun arsitekstur yang diaplikasikan pada selembar kain dan pada umumnya batik Kebumen banyak terinspirasi dari keindahan alam misalnya flora dan fauna alam setempat. Pembuatan motif batik dengan ide serupa juga dapat dijumpai pada batik daerah Banjarnegara yang letaknya berdekatan dengan kab. Kebumen.

Selain motif flora yang menggambarkan dedaunan, bunga dan bagian - bagian tumbuhan, batik Kebumen juga menggambarkan motif batik satwa laut. Baca: Batik Kawung Jenggot Kebumen.

Warna yang digunakan dalam pembuatan batik daerah Kebumen menggunakan warna - warna muda. Ciri khusus ornamen batik Kebumen dengan daerah lainya yaitu terletak pada pewarnaan batik yang khas, unik dan tetap menjadi perhatian oleh pembatik Kebumen dalam membuat batik Kebumen walau selera pasar menjadi standar utama.

Demikian Ciri Corak Seni Kerajinan Batik Khas Daerah Kebumen Jawa Tengah, semi ragam hias batik daerah Indonesia. Dapatkan ulasan menarik lainya seputar motif batik daerah di situs Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel